IBX5A5818C2DFE6E Mohamad Farozi

November 20, 2012

Sociopreneur Talk UI, Ajak Mahasiswa Mandiri

YSC UI hadir sebagai suatu wadah menyalurkan kontribusi mahasiswa.

ditulis kembali oleh : Mohamad Farozi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, melalui Young Sociopreneur Challenge akan mengadakan Sociopreneur Talk: Rebulding Social Entrepreneurship Spirit in Youth dengan tema "Welfare Improvement through Social Entrepreneurship for Better Indonesia," yang akan diikuti oleh mahasiswa se-Universitas Indonesia.

Pergeseran tren kegiatan mahasiswa telah bergeser ke arah yang lebih kontributif, dibandingkan pada masa-masa sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan gengsi antarmahasiswa yang menitikberatkan kepada tanggung jawab yang diemban, kontribusi terbesar, dan seberapa besar manfaat kegiatan mahasiswa tersebut dirasakan pihak-pihak internal dan pihak-pihak eksternal.

Melalui acara Sociopreneur Talk inilah, diharapkan mahasiswa dapat menumbuhkembangkan inspirasi mereka dalam bidang sosial kewirausahaan. Acara Sociopreneur Talk sendiri terdiri dari 2 (dua) sesi, dengan setiap sesi terdapat masing-masing topik yang menghadirkan para pembicara khusus yang ahli dalam bidang topik terkait.
Sesi pertama mengangkat topik "Sociopreneur on Top" dengan pembicara pertama Bambang Ismawan, Bapak Sociopreneur Indonesia dan juga aktivis pergerakan Social Entrepreneurship di Indonesia. Pembicara kedua Silverius Oscar Unggul atau biasa dikenal dengan panggilan Bang Onte.

Beliau adalah pejuang kelestarian hutan hujan tropis Indonesia, dengan mendidik orang-orang mengenai penebangan berkelanjutan melalui Jaringan Kehutanan Pelestarian, atau Jauh, jaringan yang membantu mantan pembalak liar dan petani membangun sendiri ramah lingkungan bisnis kayu. Dan pembicara yang ketiga adalah Tri Mumpuni*, seorang pejuang Microhydro Indonesia sebagai pengganti aliran listrik PLN di desa terpencil.

Sesi kedua dengan tema "Anak Muda Juga Bisa," menghadirkan tiga pembicara muda yang sangat inspiratif dalam karyanya di bidang sosial kewirausahaan. Pembicara pertama bernama Fauzan Hangriawan, seorang pembudidaya ikan lele yang menyejahterakan masyarakat Jawa Barat sekaligus pemenang Wira Usaha Mandiri.

Pembicara kedua bernama Fahma Nurika Aisyah, beliau adalah pencetus Dreamdellion, yaitu sebuah usaha sosial penghasil handicraft di Manggarai dan masuk dalam kategori 3 (tiga) besar MBM Challenge. Pembicara ketiga yang tak kalah inspiratif adalah Yuri Pratama, seorang wirausahawan sosial pejuang kesejahteraan nelayan Jakarta Utara sekaligus pemenang Wismilak Diplomat Success Challenge.

Sociopreneur Talk ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Young Sociopreneur Challenge (YSC) Universitas Indonesia 2012. YSC UI dibuka dengan pelaksanaan Business Plan Competition yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Indonesia. Setelah diadakan penjurian, maka terpilih 3 (tiga) business plan terbaik yang akan mendapat pelatihan serta dana untuk mewujudnyatakan bisnis yang sudah disusun dalam kompetisi tersebut.

Pada Sociopreneur Talk kali ini, kami bukan hanya menghadirkan banyak pembicara yang ahli dalam bidangnya masing-masing, namun juga akan memperkenalkan dan  mempresentasikan para pemenang Business Plan Competition untuk memberi inspirasi lebih kepada kalangan mahasiswa. 

YSC UI hadir sebagai suatu wadah yang menyalurkan kontribusi dari mahasiswa kepada masyarakat dan lingkungan dengan masalah sosial. Suatu wadah yang diharapkan dapat mengangkat kemampuan daya beli dan produktivitas masyarakat, meningkatkan sistem kerja lingkungannya menjadi lebih positif, serta membangkitkan semangat pengabdian di kalangan mahasiswa.

Di sinilah para mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata mereka sebagai batu loncatan untuk masyarakat Indonesia yang lebih sejahtera dan mandiri.

Sumber :http://ureport.news.viva.co.id/news/read/368927-sociopreneur-talk-ui--ajak-mahasiswa-mandiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan, coret - coret komentarnya..